FOTOGRAFI #SLOWSPEED

Kali ini saya akan mengulas tentang Fotografi Slowspeed


Slowspeed adalah tekhnik dengan merekam gerakan suata objek dengan speed atau bukaan rana yang cukup lama sehingga kita membutuhkan bantuan tripod agar tidak getar. Tehknik ini menurut saya gampang gampang sulit, karena apabila kita salah setting atau kamera getar hasilnya fatal, membuat gambar tidak sesuai dengan yang diinginkan

Alat yang dibutuhkan

  1. Kamera dengan kontrol shutter speed manual
  2. Tripod wajib dipakai
  3. Idealnya anda memiliki kabel shutter release

Setting Kamera

  1. Aperture, gunakan aperture awal sekitar f/8, selebihnya sesuaikan dengan selera dan pengalaman anda. Makin besar aperture (f/4 misalnya) akan membuat sensor merekam lebih banyak intensitas lampu sehingga lebih terang, namun membuat jejak lampu terlihat terlalu rapat. Sebaliknya bukaan sempit (f/13 misalnya), membuat jejak lampu yang lebih redup namun jejaknya jelas terpisah. Seperti tadi saya bilang, mulailah di angka f/8 lalu sesuaikan dengan situasi dan kondisi anda masing-masing.
  2. Panjang focal, gunakan lensa lebar yang anda miliki. 
  3. ISO, gunakan ISO serendah mungkin.
  4. Shutter speed, tergantung pada kecepatan mobil dan profil jejak lampu yang anda inginkan serta kondisi lampu jalanan didaerah anda. Waktu exposure yang panjang berarti jejak lampunya makin panjang. Untuk menerangi interior mobil, gunakan lampu yang cukup temaram, cobalah pakai lampu interior mobil asli sebelum mencoba sumber cahaya lain. Shutter speed yang dibutuhkan antara 5 sampai 30 detik. 










Foto diatas asli jepretan saya, More picture follow IG ku @yosiadhimas23. Tutorial diatas dari sumber : www.belfot.com


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Flickr Photostream